Hidup Ini Adalah Tentang Melakukan Pilihan
Setaip Hari, Setiap Jam, Setiap Detik
Kita Harus Menentukan Pilihan
Setiap Saat Kita Berdiri Di Persimpangan
Dan Harus Memilih Jalan Yang Harus Di Tempuh
Karena Itu Menentukan Prioritas Adalah Hal Yang Utama
Kita Tak Bisa Mencintai Dan Sukses Di Semua Bidang
Sebab Itu Kita Harus Menentukan Hal-Hal Yang Kita Cintai
Dan Paling Layak Untuk Di Perjuangkan Dalam Hidup


Keragaman Kurikulum Pendidikan

Keberagaman dunia pendidikan saat ini merupakan salah satu cerminan banyaknya jalan meraih pendidikan terbaik bagi anak. Jika dulu hanya ada satu kurikulum yang diterapkan oleh pemerintah pusat, kini banyak sekolah memperkenalkan kurikulum baru yang memberi pilihan lebih luas kepada masyarakat. Mulai dari sekolah nasional, nasional plus, hingga internasional, kini jamak ditemui di berbagai sudut negeri ini.

Jika mau ditilik lebih dalam, masing-masing memiliki keunggulan tersendiri dalam hal metode pembelajaran yang diterapkan serta adanya kurikulum yang ditambahkan. Dalam hal ini, sekolah nasional adalah sekolah konvensional yang menerapkan program pemerintah secara utuh, sementara sekolah nasional plus umumnya menggandeng institusi lain untuk bekerja sama dan menggabungkan kurikulum dari institusi tersebut dengan kurikulum nasional. Institusi asing yang kerap di ajak kerja sama antara lain IB (International Baccalaureate) dari Swiss atau Cambridge dari Inggris. Tidak sedikit di antaranya yang menjalin kerja sama dengan sekolah-sekolah dari luar negeri, seperti Singapura, untuk kemudian menggabungkan kurikulumnya dengan kurikulum nasional. Itu sebabnya, di sekolah nasional plus ini penggunaan bahasa Inggris banyak digunakan, meski proporsinya tergantung dari kebijakan masing-masing sekolah. Ada yang seimbang antara bahasa Indonesia dan Inggris, serta ada pula yang lebih menekankan pada penggunaan bahasa Inggris. Lain halnya dengan sekolah internasional, yang mengadaptasi kurikulum dari luar negeri secara utuh untuk digunakan sebagai acuan belajar dan menggunakan bahasa Inggris secara total dalam proses belajar.

Meski persaingan dunia pendidikan kian kompetitif, terbukti sekolah nasional-baik negeri maupun swasta-tidak pernah benar-benar ditinggalkan, dengan prestasi dan kualitas yang baik sehingga mampu bersaing baik di dalam maupun luar negeri. Pasalnya, pemilihan sekolah ini pun sebaiknya disesuaikan dengan tujuan dan kebutuhan anak. Jika mempersiapkan anak untuk sekolah lanjutan di mancanegara, misalnya, menyekolahkan anak di sekolah internasional atau nasional plus bisa menjadi bekal untuk memudahkan anak belajar nantinya.

Satu hal yang pasti, sekolah manapun yang dipilih, galilah setiap informasi secara detail dan pastikan anak tidak merasa terbebani dengan sistem belajar yang diberikan. Toh, anak juga yang akan menjalaninya.