Hidup Ini Adalah Tentang Melakukan Pilihan
Setaip Hari, Setiap Jam, Setiap Detik
Kita Harus Menentukan Pilihan
Setiap Saat Kita Berdiri Di Persimpangan
Dan Harus Memilih Jalan Yang Harus Di Tempuh
Karena Itu Menentukan Prioritas Adalah Hal Yang Utama
Kita Tak Bisa Mencintai Dan Sukses Di Semua Bidang
Sebab Itu Kita Harus Menentukan Hal-Hal Yang Kita Cintai
Dan Paling Layak Untuk Di Perjuangkan Dalam Hidup


American Pit Bull Terrier

American pit bull terrier merupakan anjing adu tersohor yang berasal dari Amerika. Bobotnya 25-40 kg dengan tinggi badan 40-50 cm. Bulunya pendek dan lembut. Anjing ini sering pula disebut american pit bull atau pit bull terrier. Anjing yang termasuk grup mastiff ini terdaftar di United Kennel Club (UKC). Menurut para arkeolog, nenek moyang bangsa Inggris mempunyai sejenis anjing kecil bernama bandogge. Mereka memanfaatkannnya sebagai anjing penjaga. Bandogge dipercaya sebagai nenek moyang terrier. Disebut terrier karena anjing ini mempunyai kebiasaan masuk lubang setelah melakukan perburuan. Kebiasaan ini sesuai dengan namanya karena terrier berasal dari kata terra yang artinya bumi.

Terrier terkenal sebagai anjing pemberani. Anjing ini termasuk salah satu jenis anjing yang sering ditampilkan dalam adu anjing di Inggris sekitar pertengahan abad ke-18. Acara adu anjing yang diselenggarakan setiap kamis sore itu dilarang pada tahun 1835. Walaupun sudah dilarang, kebiasaan mengadu anjing yang sudah mendarah daging itu tidak bisa dilenyapkan begitu saja. Para penggemarnya kemudian memindahkan arena adu anjing dari tempat terbuka ke tempat tertutup yang tersembunyi. Agar anjing yang ditampilkan mampu memenangkan pertandingan, ada orang yang mengawinkan mastiff dengan terier, dua anjing yang terkenal keberaniannya. Tujuannya ialah untuk memperoleh anjing yang mempunyai gerakan lebih cepat dan daya tahan lebih tinggi, maka lahirlah pit bull terrier.

Pit bull terrier langsung merajai arena adu anjing. Sifatnya sangat agresif. Bulldog yang terkenal sebagai anjing pemberani sejak 4000 tahun lalu pun masih kalah agresif. Kepala terrier umumnya berbentuk ramping dengan kepala lonjong dan berbentuk segi empat. Sebagian besar ekornya mencuat ke atas. Matanya terbenam di rongga mata.

Setelah adu anjing dilarang, pit bull dialihkan fungsinya sebagai anjing penjaga dan pemburu. Namun sifatnya yang cenderung menyerang binatang lain tidak hilang begitu saja. Bahkan manusia juga akan diserangnya. Kecenderungan ini bisa diredam dengan cara seleksi induk agar keturunanya tidak terlalu ganas. Kemudian diiringi dengan sosialisasi dan latihan kepatuhan sejak anjing masih kecil. Waktu yang paling tepat untuk proses sosialisasi ialah pada umur 3-7 minggu. Proses sosialisasi dapat dilakukan dengan cara mengajak anjing berjalan-jalan setiap pagi dan sore hari atau membiarkannya bermain dengan anjing maupun hewan lain.

Tidak semua pit bull berperangai jelek dan galak. Di tangan pemilik yang mampu merawatnya, pit bull dapat berubah menjadi anjing penjaga yang setia dan sanggup melindungi sang majikan dari bahaya. Kemampuannya itu didukung oleh kekuatannya yang luar biasa. Tidak hanya tenaganya yang kuat, tapi rahang pit bull juga kuat. Gigitannya terbenam sampai ke tulang. Kalau pit bull menggigit obyek yang lebih tinggi maka anjing itu sanggup menggantung beberapa lama dan bertahan dengan kekuatan rahangnya. Dengan demikian sangat berbahaya jika anda membiasakannya bertarung dan berperangai buruk, karena tidak menutup kemungkinan suatu saat nanti anda ataupun anggota keluarga anda menjadi sparing patnernya bertarung. Berikanlah pit bull kasih sayang dan kelembutan, maka dia pun akan melakukan hal yang sama.

Tidak semua pakan anjing sesuai untuk pit bull. Hal ini dikarenakan di pasar beredar banyak sekali ragam jenis makanan anjing (dog food). Ada pakan untuk anak anjing, pakan anjing dewasa aktif dan non-aktif, serta ada pula untuk anjing bunting dan menyusui. Kandungan dari aneka jenis makanan tersebut jelas berbeda. Misalnya saja pakan khusus anak anjing yang mengandung protein tinggi hanya cocok untuk anak anjing yang sedang mengalami pertumbuhan, ataupun untuk induk yang sedang bunting dan menyusui. Sebab bila pakan kaya protein ini diberikan tidak sesuai kebutuhan akan menyebabkan kegemukan. Dan kegemukan ini sangat dihindari pada pit bull, karena kegemukan akan membuka jalan terjadinya penyakit hyp displasia yang sering menyerang anjing trah besar.

Untuk anakan pit bull kandungan kalsium yang dibutuhkan lebih dari 1,2-1,31%. Dengan demikian anakan pit bull membutuhkan tambahan berupa tablet kalk (calcium laktat).Dan begitu menginjak usia 12-18 bulan, pakan yang diberikan haruslah berupa pakan untuk anjing dewasa. Pakan untuk anjing dewasa tersedia dalam dua bentuk, yakni untuk dewasa aktif dan non-aktif. Bila pit bull serring dibawa berburu atau tracking maka membutuhkan pakan dewasa aktif. Pakan ini banyak mengandung protein dan lemak, sedangkan kandungan serat kasarnya rendah. Tingginya kadar protein sangat diperlukan bagi pit bull yang aktif karena membutuhkan 2-3 kali lebih banyak kalori daripada yang non-aktif.

Takaran pakan juga perlu diperhatikan karena dog food yang beredar di Indonesia sebenarnya ditujukan untuk anjing-anjing di Eropa dan Amerika. Aturan pakan yang tertera di label sesuai untuk anjing di kedua benua tersebut tetapi belum tentu pas untuk anjing yang hidup di Indonesia. Di Eropa dan Amerika anjing perlu makan banyak agar tubuhnya sanggup menahan hawa dingin. Sedangkan di Indonesia beriklim tropis dan cenderung panas sehingga berikan pakan secukupnya saja. Cara menakar kebutuhan pakan paling mudah adalah berikan pakan satu genggam dahulu, bila habis tambahkan lagi dan tambahkan lagi sampai anjing terlihat kenyang serta jangan lupa mengukurnya lebih dahulu sebelum memberikan. Lakukan cara seperti ini sampai beberapa kali atau lakukan pengamatan paling tidak 2-3 hari sehingga diketahui jumlah pakan yang pas. Selain pakan dan latihan tracking , perawatan lain yang perlu dilakukan terhadap pit bull hanyalah memandikannya, mencukur dan menyisir tidak begitu penting karena rambutnya pendek.

Memiliki pit bull tidaklah menyeramkan, tergantung pada bagaimana anda mencintainya tanpa menyakiti.