Hidup Ini Adalah Tentang Melakukan Pilihan
Setaip Hari, Setiap Jam, Setiap Detik
Kita Harus Menentukan Pilihan
Setiap Saat Kita Berdiri Di Persimpangan
Dan Harus Memilih Jalan Yang Harus Di Tempuh
Karena Itu Menentukan Prioritas Adalah Hal Yang Utama
Kita Tak Bisa Mencintai Dan Sukses Di Semua Bidang
Sebab Itu Kita Harus Menentukan Hal-Hal Yang Kita Cintai
Dan Paling Layak Untuk Di Perjuangkan Dalam Hidup


Berpikir Sebagai Usahawan

Ada dua hal yang harus menjadi tujuan hidup.
Pertama, wujudkan keinginan Anda, kemudian nikmatilah.
Hanya mereka yang bijaksana mencapai hal yang kedua”
(Logan Pearsall Smith)

Seorang usahawan yang sedang berjalan memberikan uang Rp.2.000,- kepada seorang penjual bollpoint dengan tanpa mengambil bollpointnya. Dalam pikirannya, ia hanya ingin menyumbang saja. Tiba-tiba ia berpikir dua kali, ternyata ia sedang membutuhkan bollpoint. Ia segera berbalik dan mengambil bollpointnya. Dengan nada menyesal, ia mengatakan “Saya ini seorang usahawan. Mohon jangan marah. Anda juga seorang usahawan kan? Seorang penjual bollpoint”. Selang beberapa lama, usahawan ini bertemu dengan seseorang di sebuah hotel dalam seminar. Ia berkata “Bapak mungkin tidak mengenal saya. Saya ingin mengucapkan terima kasih karena bapak telah mengembalikan harga diri saya. Waktu bapak berkata saya seorang usahawan maka saya tersentak. Saya harus berpikir sebagai seorang usahawan bukan sebagai orang yang menunggu belas kasihan”.

Seorang bijaksana berkata “Banyak orang berjalan lebih jauh dari pada yang dipikirkannya dan bisa dilakukannya karena orang lain yang berpikir mereka bisa”.

Kebaikan paling besar yang bisa di lakukan untuk siapa saja bukan dengan membagikan kekayaan kita dengan mereka. Sangat mengherankan betapa banyak bakat dan kemampuan yang terpendam di dalam diri seseorang. Sayangnya mereka perlu dibukakan visinya untuk menyadari kemampuannya yang mereka miliki. Seorang usahawan sukses akan dapat mengenal potensi orang lain dan dia berhasil mengembangkan dirinya.

Mary Crowley, pendiri Home Interior and Gift mencapai kesuksesan karena mempunyai keyakinan akan berhasil. Dia yakin “Satu orang dengan keyakinan, kekuatannya sama dengan pasukan sembilan puluh sembilan orang yang hanya mempunyai kepentingan”. Ia memberikan kebebasan anak buahnya untuk mengembangkan potensinya dalam menjual sehingga usahanya berkembang secara luar biasa.

Memang kehidupan tidak seluruhnya berisi matahari dan bunga mawar. Kehidupan yang berhasil juga melibatkan darah, keringat dan air mata. Artinya melibatkan suatu pengorbanan yang menyeluruh. Namun dari pengorbanan yang dilakukan, ia tidak pernah kekurangan akan hal-hal yang penting, seperti cinta, iman, antusiasme, atau belas kasihan.

Tekad dan kerja keras itulah semua hal yang baik yang dapat kita berikan dalam kehidupan orang lain. Kita akan mendapatkan segala-galanya yang kita inginkan dalam kehidupan ini kalau saja cukup banyak membantu orang lain mendapatkan apa yang mereka inginkan. Oleh karena itu kita harus belajar melihat kebutuhan orang lain dan memenuhinya. Kebutuhan itu bisa dalam hal jasmani ataupun rohani. Kalau kita mengisi kebutuhan mereka maka orang itu akan mengalami perubahan dan kitapun akan memetik buahnya.

Pertanyaannya, dapatkah kita berpikir sebagai usahawan dalam mengembangkan jaringan dan bisnis kita?

“Salah satu kompensasi terindah dalam hidup manusia adalah tidak ada seorangpun yang menolong orang lain dengan tulus tanpa ada maksud menolong dirinya sendiri” (Ralp Waldo Emerson)

Jika kata Ralp Waldo benar maka caranya adalah dengan meluangkan waktu khusus untuk orang lain. Kunci keberhasilan lainnya adalah menunjukkan perhatian dan kemauan untuk membantu memberikan solusi dari masalah yang dihadapi orang lain. Kedua langkah itu akan menciptakan keakraban dan tanpa disadari pembicaraan akan terasa menyenangkan.

"Jangan bernafsu menyelesaikan semua hal secara singkat. Jangan melihat keuntungan yang kecil. Hasrat untuk menyelesaikan segalanya dalam waktu singkat akan menghalangi hasil yang lebih besar dan memuaskan. Hanya memperhitungkan keuntungan kecil menghalangi terselesaikannya semua hal dengan baik”.

Semakin kita mampu untuk menjalankan proses diatas dengan di dukung kualitas produk yang bagus, maka akan semakin banyak orang yang bersedia bergabung dan memanfaatkan produk kita. Keuntungan akan didapat jika kita lebih aktif menjalin keakraban dan berbagi manfaat dengan orang yang tepat dengan produk atau bisnis yang sedang kita tekuni. Secara garis besar, keuntungan akan mengalir deras kepada kita jika kedua kekuatan saling memberikan dukungan, yaitu kekuatan dari produk atau bisnis yang kita jalani dan kemampuan kita berempati dan menjalin keakraban dengan orang lain.

"Tolonglah saudara kita menyebrangi sungai,
maka kita sendiri juga akan mencapai tepi sungai”